Kamis, 18 Agustus 2011

Tips Cegah Bau Mulut


Saat berpuasa setiap orang pasti merasa takut akan bau mulut yang kurang sedap sehingga mengganggu aktivitas berinteraksi dengan sesama. Disamping kurangnya asupan air yang menjadi pemicu, kondisi lidah yang ‘dibungkus’ oleh bakteri membuat bau mulut menjadi semakin buruk. Duh lalu apa yang harus kita lakukan. Nah...nah...nah...

Jangan biarkan ibadah kita terganggu dengan bau mulut, atasi dengan melakukan trik ini :

1. Bakteri adalah penyebab bau mulut, oleh karena itu kita harus memastikan gigi dan mulut selalu dalam kondisi bersih. Caranya: Sikatlah gigi 2 kali sehari (setelah sahur dan sebelum tidur). Jika ingin memastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal, lakukanlah flossing sehari sekali.


2. Berkumur dengan obat kumur. Meski hanya memberikan dampak sesaat, tapi obat kumur bisa menjadi senjata yang cukup efektif untuk mengembalikan kesegaran mulut kembali.


3. Jangan lupa bersihkan lidah juga. Setelah sikat gigi, selalu biasakan lidah dari bakteri dengan sikat atau tongue scraper. Lapisan putih di atas lidah yang tidak dibersihkan bisa menjadi pemicu bau mulut.


4. Jika ikan dan susu masuk dalam menu sahur kita, segeralah sikat gigi kita usai menyantap makanan tersebut. Mengapa? Ikan dan susu mengandung protein, dan nutrisi ini ketika dipecah di dalam mulut bisa memicu timbulnya bau mulut.


5. Kondisi yang mulut yang kering bisa menyebabkan bau mulut. Jadi, usahakan kita memberikan tubuh asupan air yang cukup saat sahur, 2-3 gelas.


6. Masalah gigi berlubang atau penyakit gusi juga bisa menjadi pemicu bau mulut. Pastikan kita tetap mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Dengan 6 trik di atas, kita tak perlu ragu untuk membuka mulut karena kebersihan gigi dan mulut akan menjadi modal penting untuk berani berbicara

Selain 6 trik di atas selektiflah dalam mengonsumsi makanan
  • Hindari makanan yang baunya menyengat, misalnya petai, jengkol, dan gorengan.
  • Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.
  • Sikatlah gigi setelah makan sahur dan malam sebelum tidur. Pastikan cara penyikatan gigi anda sudah benar, sehingga rongga mulut anda senantiasa bersih sempurna.
  • Pertahankan kebiasaan mengonsumsi air putih anda, usahakan agar tetap mengonsumsi 8 gelas sehari, atur dengan baik konsumsinya sejak waktu berbuka hingga waktu sahur.
Sumber : www.preventionindonesia.com dan www.tanyapepsodent.com


0 komentar:

Posting Komentar

 

MAMIK STORY