Kamis, 20 Agustus 2009

LATIHAN MENGUATKAN OTAK


Otot makin kuat jika sering dilatih, begitu juga otak. Untuk meningkatkan kekuatan otak dan mengatasi kepelupaan, coba latihan berikut ini :

Olahraga Otak
Kita dapat melatih otak seperti melatih badan. Latihan mental yang dapat menjaga otak tetap bugar antara lain isi teka teki silang, main catur, menghafal nama-nama, menghafal daftar belanja atau nomor telepon.
Terus tantang diri anda dengan tugas-tugas baru. Apapun latihan mental yang anda pilih, kunci suksesnya adalah latihan setiap hari.

Gunakan Tangan Non Dominan
Tingkatkan kekuatan otak anda dengan melakukan aktivitas sehari-hari dengan tangan non dominan. Jika anda kidal, gunakan tangan kanan untuk makan, minum, menyisir, gosok gigi. Begitu juga sebaliknya.
Coba tulis nama anda dengan tangan non dominan. Cara ini efektif karena otak manusia mulai menurun sesudah umur 30, terutama pada perempuan pada setiap kehamilan.

Gerakkan Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak
Anak-anak Asia dikatakan sangat cerdas, kemungkinan disebabkan mereka lebih sering menggunakan jari, makan dengan sumpit, menggunakan sempoa disekolah.
Beberapa studi sudah dilakukan dengan anak-anak yang menggunakan sempoa setiap hari dan menemukan bahwa menggunakan jari menstimuler ujung saraf yang langsung menuju otak, meningkatkan sirkulasi.
Manfaatkan ini dengan latihan aktivitas-aktivitas motorik yang menggunakan jari. Contohnya merajut dan seni kerajinan tangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MAMIK STORY