Kamis, 22 Oktober 2009

Tiga Cara Kendalikan Diri



Pernah marah gara-gara sikap kasar orang di dekat Anda? Atau jadi kehilangan mood karena perilaku seorang teman?
Memang benar kebahagiaan dan emosi negatif seperti rasa sedih dan marah sangat berpengaruh satu sama lain. Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan agar Anda tetap bida mengendalikan diri ?

  1. Sadari bahwa Anda tidak terkait masalah orang lain. Jangan tanggapi orang yang bersikap kasar. Anggap saja orang itu sedang bermasalah, bukan Anda. Kurangnya rasa percaya diri dan egoisme adalah penyebab pertengkaran.
  2. Jangan terbawa. Ketika seseorang berbicara kasar, ditambah nada tinggi, jangan ikut berteriak. Sikap ini hanya memancing emosi. Memang berpikir logis saat marah juga tidak mungkin. Maka, tenangkan diri dan bicara dengan nada rendah. Jelaskan bahwa Anda tidak akan menghadapi mereka sampai emosinya turun.
  3. Berbagi senyum. Pernah melihat seseorang membentak lawan bicaranya di tempat umum? Jangan terpancing. Jika Anda punya kesempatan, tersenyumlah dan beri dukungan pada yang disudutkan. Itu berlaku untuk siapapun, baik orang yang dikenal maupun tidak. Setelah itu, ajak dia bicara tanpa menyinggung yang baru terjadi. Cukup ucapkan kalimat yang membangkitkan semangat.



6 komentar:

pelangi anak on 22 Oktober 2009 09.47 mengatakan...

Tips personality-nya bagus banget Mbak. Saya bisa mengerti sepenuhnya ajaran yang disampaikan. Dan hal tersebut bisa menjadi pelajaran berharga dalam pergaulan saya mulai detik ini.

Saya, juga beberapa kali terjebak dalam situasi yang kurang lebih sama, sering juga hal tersebut melukai perasaan, sehingga setelah itu suasan bad mood menjadi pengganggu dalam jam-jam berikutnya. Pada akhirnya mempengaruhi kinerja atau performa saya seharian. Bahkan, hari setelahnya juga terpengaruh. Meskipun, kemudian secara berangsur-angsur juga memudar. Tapi saya merasa sangatlah dirugikan.

Terima kasih telah berbagi Tips yang istimewa buat saya, salam kenal juga Mbak!

narti on 22 Oktober 2009 12.27 mengatakan...

kebanyakan kalau ada yg emosi, jadi ikut-ikutan, susah mengendalikan diri.
makasih tipsnya.

sda on 22 Oktober 2009 12.28 mengatakan...

tips yg bermanfaat, makasih sharingnya.

mamik story on 22 Oktober 2009 16.33 mengatakan...

@pelangi anak : wah terima kasih atas commentnya. benar apa yang Anda bilang ketika kita terbawa emosi kadang kala kita tidak sengaja telah melukai perasaan orang lain dan ujung-ujungnya penyesalan yang kita dapatkan. Salam kenal juga
@mbak narti dan sda : makasih juga atas kunjunganya. semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kita.memang mbak kalo kita lagi emosi sampai lupa kendali (terutama jika kita dapat tamu bulanan yang bisa mengacaukan emosi. benar tidak ?)

Ramlan on 23 Oktober 2009 16.53 mengatakan...

Bu Mamik, ada AWARD lagi buat ibu, kali ini asli, diambil ya disini bu >> Award Pertama Buat Teman

Lentera on 9 November 2009 00.40 mengatakan...

susah2 gampang memang tuk gak terbawa emosi, kadang menyesal juga kalau sampai emosi dan melukai perasaan orang lain.

Posting Komentar

 

MAMIK STORY