Rabu, 21 September 2011

Banyak Jalan Menggaet Pelanggan


dan target pasar yang Anda bidik. Tidak semua cara efektif dan cocok diterapkan sebagai acuan. Tiap jenis usaha memiliki karakteristik dan cara pemasaran yang berbeda.
Media promosi berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Kalau dulu hanya ada koran, majalah, radio, dan TV, kini internet dan mobile media (seperti handphone) pun ikut berperan besar. Dengan ikut mailing list, mempunyai website gratisan di multiply, atau punya account di jejaring sosial seperti Facebook, memasarkan produk kini menjadi lebih mudah dan murah. Peluang menemukan pelanggan pun makin besar. Anda hanya perlu mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing media ini sebelum memanfaatkannya.
Pemasaran lewat website
Kelebihan:
  • Interaktif (komunikasi dua arah)
  • Promosi bisa dilakukan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun
  • Jangkauan pasar luas
  • Informasi produk bisa detail
  • Bersifat permanen
Kekurangan:
  • Perlu pengelolaan yang baik
  • Harus sering meng-update informasi/data
  • Perlu keahlian khusus
  • Target pasar tidak spesifik
  • Produk tidak bisa dilihat langsung oleh konsumen
Promosi lewat e-mail
Kelebihan:
  • Murah
  • Interaktif (komunikasi dua arah)
  • Merupakan sarana komunikasi penting saat ini
Kekurangan:
  • Bergantung pada database anda
  • Informasi dan branding terbatas
  • Sering disalahartikan sebagai spam
  • Memerlukan keahlian menulis
Pemasaran via Mobile Media (handphone)
Promosi lewat SMS (short message services)
Kelebihan:
  • Sangat personal
  • Teknologi mudah dan murah
  • Perangkat sederhana (HP dan pulsa)
Kekurangan:
  • Kurang disukai karena mengganggu privasi
  • Komunikasi dibatasi jumlah karakter
  • Satu arah
  • Branding tidak sempurna, hanya teks tanpa gambar
  • Biaya per SMS tinggi
Sumber :
http://wanitawirausaha.femina.co.id/WebForm/contentDetail.aspx?MC=001&
SMC=004&AR=2

0 komentar:

Posting Komentar

 

MAMIK STORY