Selasa, 10 November 2009

Agar Anda Aman Di Jalan


Setelah saya menghadirkan tips agar tidak tertipu dengan anjuran memperbanyak membaca koran atau majalah untuk mengenali bagaimana para penipu beraksi, kini saya kembali memberikan tips agar Anda merasa aman ketika berada di luar rumah.

Keamanan kita di jalan amat tergantung dari cara kita mengendarai mobil atau menjaga diri agar tidak didatangi pencuri yang kerap mengincar bawaan kita. Nah, lewat tips berikut Anda bisa menjaga keamanan Anda.


Agar Selamat Dari Tangan Jahil

1. Saat menjinjing tas, usahakan agar tas selalu berada di depan Anda. Kala makan di restoran, pakulah tas Anda baik-baik. Bila harus meletakkannya di bawah kursi, usahakan agar kaki Anda menjepit tas dengan baik.

2. Kalau Anda terpaksa harus meninggalkan tas disuatu tempat usahakan agar tas diletakkan di tempat yang dapat Anda lihat dengan mudah.

3. Begitu Anda akan pergi ke luar rumah, pastikan tas Anda terkunci dengan baik. Begitu turun dari kendaraanpun, lihat sekali lagi, sudah terkuncikah seluruh risleting Anda.

4. Mengepit tas di tangan cukup berisiko, terutama bila Anda berjalan di pertokoan yang ramai. Gantungkan talinya di pundak Anda sebelum mengepit tasnya.

5. Berhati-hatilah pada seseorang yang bertanya pada Anda. Bukan tak mungkin maksudnya buruk. Bila Anda curiga, lebih baik tidak memberi jawaban dan segeralah menghindar.

6. Jangan pernah memasukkan tas Anda ke dalam kereta dorong saat berbelanja di supermarker. Apalagi tanpa dijaga. Kala Anda memilih barang, tas Anda dengan mudah dapat diambil pencuri.

7. Ketika mengambil uang di ATM, ambillah seperlunya saja. Hindari membawa uang dalam jumlah banyak. Pastikan juga tak ada seorang pun yang mengikuti Anda.

Mengendarai Mobil Dengan Aman

1. Kala mengendarai mobil, jangan hanya memusatkan mata Anda pada satu obyek. Perlebar penglihatan Anda ke mana-mana agar bisa menangkap obyek sekecil apapun. Karena perhatian pengemudi sebaiknya tak cuma pada mobil di depan, di samping, atau di belakang, tetapi juga rambu lalu lintas, dan orang-orang yang mungkin saja tiba-tiba menyeberang jalan.

3. 2. Atur jarak dengan kendaraan di depan. Kalau Anda bergerak bersamaan dengan kendaraan di depan Anda, biarkan 3 atau 4 detik ia berjalan lebih dahulu sebelum Anda.

4. Ada baiknya Anda mengecek cermin setiap 10 detik. Perhatikan pengemudi-pengemudi, tak cuma mobil di belakang Anda. Lewat tatapan mta, Anda bisa membaca keinginan mereka hingga bisa mengantisipasi mobil Anda.

5. Perhatikan segala sesuatu di sekeliling mobil Anda. Termasuk jalan di depan, penyeberang jalan, jalan setapak bahkan dokter praktek.

6. Pedal rem yang keras sering kali jadi pemicu kecelakaan. Cara mengerem yang tepat adalah menginjaknya dengan lembut, jangan mendadak. Bila selip, coba sedikit kendorkan remnya sampai mobil terkendali. Kecuali bila mobil Anda memiliki system pengereman otomatis (anti selip).

7. Sebelum pindah jalur, pastikan lewat cermin lebih dahulu sebelum memberi tanda. Tetapi pastikan juga dengan menengok ke samping belakang karena tidak seluruh jangkauan terlihat di kaca spion.

8. Seminggu sekali, periksa tekanan ban Anda. Terlalu keras dapat menyebabkan bagian tengah ban cepat Aus. Sementara kurang tekanan pun, membuat kedua tepi permukaan ban cepat aus.

Kalau Dompet Anda Dicuri

1. Laporkan segera ke polisi dan sebutkan bagaimana kemungkinan dompet Anda dicuri dan apa saja yang hilang dari dalam dompet.

2. Kalau kartu kredit Anda ikut tercuri, segera laporkan ke bank sebelum sempat digunakan. Banyak pencuri yang ahli membuat tanda tangan palsu.

3. Begitu juga dengan identitas lainnya, seperti sim, STNK, dan buku tabungan. Segera laporkan hingga pihak berwenang dapat segera menutupnya.

4. Kalau kunci mobil Anda ikut tercuri, apalagi bila bersama STNK, segeralah bertindak. Bila mobil tengah diparkir di pusat perbelanjaan, melaporkan pada keamanan gedung merupakan tindakan yang tepat, sebelum mobil Anda juga ikut tercuri. Mereka bisa segera memblokir pintu keluar gedung hingga mobil Anda tetap aman.

Semoga tips di atas berguna bagi Anda dan semoga saja Anda tetap Aman ketika berada di jalan.


5 komentar:

Mas Moer on 10 November 2009 13.53 mengatakan...

trimakasih tipsnya, sangat berguna sekali....

al-basri on 11 November 2009 03.15 mengatakan...

mantap sobat, tips yang harus menjadi pedoman buat kita. semoga kita lebih hati-hati dalam setiap kemungkinan.

terima kasih sobatku

moenas on 11 November 2009 08.37 mengatakan...

thanks broww tipsnya,,,
moga2 bisa lebih ati2 lg nih

secangkir teh dan sekerat roti on 11 November 2009 23.36 mengatakan...

salam hanagt!

mesti hati2 mang, sanagt rwan

bhogey on 16 November 2009 23.54 mengatakan...

nice tips buat indonesia yang semakin rawan,hhehhe

Posting Komentar

 

MAMIK STORY