Jumat, 26 Juni 2009

TIPS UNTUK ORTU


Strategi membimbing anak agar rajin mengerjakan tugas sekolahnnya :
1. Mulailah dengan Camilan
Jangan harap anak anda dapat berkonsentrasi mengerjakan tugas bila perutnya kosong. Sepulang sekolah anak biasanya merasa lapar. Selama perjalanan pulang anda bisa memberikan camilan yang sehat. Sesampainya di rumah ia telah siap mengerjakan PR.
2. Jadikan Rutinitas
Tanyakan serta tentukan waktu yang teratur untuk mengerjakan PR. Waktu ini merupakan kesepakatan Anda dan anak. Tentukan pula jadwal cadangan untuk hari-hari dimana anak harus les.
3. Libatkan anak sebagai peran utama
Tujuan utama PR adalah untuk mengajarkan anak bertanggungjawab menyelesaikan tugas yang diberikan padanya. Jika ia lupa, ingatkan untuk menghubungi teman-temannya untuk menanyakan PR yang diberikan guru di kelas. Ingatkan jika ia lupa dan jangan memarahinya.
4. Longgarkan Jadwal Aktivitasnya
Bila anak merasa jadwal les atau ekstrakurikuler disekolah begitu padat, maka biarkan anak memilih. Apakah ada kegiatan yang ingin dikuranginya atau keputusan lainnya sesuai dengan kesepakatan bersama antara anak dan anda.
5. Hindari jeda
Berikan semangat agar anak menyelesaikan terlebih dahulu PR-nya, sebelum menyentuh mainan atau lainnya, meski untuk beristirahat. Fokus anaka akan terpecah sehingga mengganggu pekerjaannya dan penyelesaian tugas menjadi dilalaikan atau di tunda-tunda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MAMIK STORY